Sabtu, 27 April 2013

MAKALAH KEWIRAUSAHAAN ( INOVASI DAN PELUANG BISNIS)



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar belakang
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.

B.   Tujuan Penulisan
Adapaun tujuan penulisan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui teori inspirasi.
2.      Untuk mengetahui peluang bisnis dalam kewirausahaan.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Teori Inspirasi
Inspirasi adalah percikan ide-ide kreatif yang waktu dan tempatnya jarang anda kenali, kecuali anda sudah melatih-diri dengan pembiasaan. Inspirasi adalah akibat-hasil dari proses pengembangan diri. Inspirasi merupakan penemuan momentum of “Aha”. Inspirasi dapat anda munculkan dengan ‘conditioning’. Caranya? Temukan momen khusus yang menjadi kebiasaan untuk membuka dialog-diri, misalnya tengah malam atau di kamar mandi, atau lain. Agendakan untuk bertemu kenalan tanpa konsekuensi atau interest apapun selain silaturrohim.

B.     Peluang Bisnis/Usaha
Masih banyak yang salah kaprah tentang pengertian peluang bisnis/usaha, karena selama ini peluang bisnis/usaha diartikan sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan akan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya, hal itu merupakan harapan untuk anda yang menekuni bisnis.
Bahwa pengertian peluang bisnis/usaha itu, esensinya adalah asas manfaat. Semua kondisi yang di tawarkan kepada anda, adalah penawaran terhadap sebuah aktifitas bisnis yang pantas untuk anda geluti dan tentu saja bisa memberikan keuntungan yang luar biasa kepada anda. Dengan catatan, jika peluang usaha yg dimaksud benar-benar  di manfaatkan dan di kemas sedemikian rupa sehingga bisa memberikan manfaat yang di harapkan.
Lalu bagaimana jika hal itu berlaku sebaliknya. Dengan menggunakan logika terbalik. Bahwa tidak semua peluang usaha yang anda anggap tepat, benar-benar bisa klop dengan apa yang anda harapkan.
Karena perlu juga di garis bawahi, bahwa pengertian peluang usaha adalah sebuah ruang kreasi yg independent dan mandiri. Dan bukanlah sebuah kegiatan yang ikut-ikutan demi mengikuti sebuah trend dan gaya hidup semata.
contohnya ada teman anda yg berbisnis XX anda ikutan juga bisnis XX. karena menurut teman anda, bisnis XX adalah Peluang Usaha! Bisnis ini sangat menjanjikan dan prospektif. Padahal belum tentu bisnis XX cocok dengan anda.

1.      Pengertian Peluang Bisnis/Usaha
Peluang bisnis/usaha ialah kesempatan/waktu yang tepat yang seharusnya di ambil/dimanfaatkan bagi seseorang wirausaha untuk mendapat keuntungan. Peluang Bisnis/Usaha adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan berbagai kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa dengan sigap kita ambil.

2.      Menangkap Peluang Bisnis/Usaha
Untuk menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis,seorang wirausaha harus berpikir secara positif dan kreatif, diantaranya :
·         Harus percaya dan yakin dengan usahanya
·         Menerima gagasan-gagasan baru
·         Berintropeksi diri
·         Bersifat terbuka
·         Etos kerja tinggi
·         Pandai berkomunikasi
Dengan tersedianya informasi internal dan eksternal, maka wirausahawan dapat mengetahui :
·         Peluang (opportunity)
·         Ancaman usaha (threat)
·         Kekuatan (strength)
·         Kelemahan (weakness)


3.      Resiko Bisnis/Usaha
Beberapa risiko bisnis/usaha yang mungkin terjadi, sebagai berikut :
·         Perubahan permintaan
·         Perubahan konjugtur
·         Persaingan
·         Akibat lain, seperti perubahan teknologi,peraturan,bencana dll.

C.    Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan Bisnis/Usaha
1.      Faktor keberhasilan usaha
Faktor-faktor tentang keberhasilan dalam usaha, antara lain :
·         Perencanaan yang tepat dan matang
·         Visi,misi dan dedikasi yang tinggi
·         Komitmen dan dana
·         SDM handal dan teknologi tinggi
·         Kebutuhan konsumen yang terpuaskan
·         Sarana dan prasarana dan sebagainya
Faktor-faktor pendukung keberhasilan perusahan, sebagai berikut :
·         Faktor manusia
·         Faktor keuangan
·         Faktor organisasi
·         Faktor perencanaan
·         Faktor mengatur usaha
·         Faktor pemasaran
·         Faktor administrasi
·         Faktor fasilitas pemerintah

2.      Faktor kegagalan usaha
a.     Mengidentifikasi kegagalan usaha
kegagalan bisnis/usaha dapat diidentifikasi, sebagai berikut :
·         Kebiasaan menunda waktu
·         Ketekunan dan ketakwaan yang kurang
·         Kepribadian yang negative
·         Kebiasaan yang boros
·         Kebiasaan hati-hati yang berlebihan
b.     Faktor kegagalan usaha
Beberapa faktor yang menyebabkan kemungkinan kegagalan dalam pencapaian tujuan usaha.
·         Kepribadian yang bersifat negative
·         Perasaan takut disaingi orang lain
·         Berlagak pintar
Berbagai kelemahan di dalam usaha atau bisnis antara lain :
·         Tidak mempunyai perencanaan usaha
·         Tidak memiliki pendidikan yang relevan
·         Tidak berorientasi ke depan
·         Jarang mengadakan inovasi
·         Tanpa pembukuan yang teratur
·         Tidak mengadakan analisis pasar
·         Cepat puas diri



BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Kesimpulan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Inspirasi adalah percikan ide-ide kreatif yang waktu dan tempatnya jarang anda kenali, kecuali anda sudah melatih-diri dengan pembiasaan. Inspirasi adalah akibat-hasil dari proses pengembangan diri.
2.      Peluang bisnis/usaha ialah kesempatan/waktu yang tepat yang seharusnya di ambil/dimanfaatkan bagi seseorang wirausaha untuk mendapat keuntungan.

B.     Saran
Saran kami dalam makalah ini agar pembaca dapat terinspirasi untuk melakukan suatu peluang bisnis/usaha demi kelangsungan hidup.

3 komentar: