BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
Dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah
suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam
konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk
mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, dimana
kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan
profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari
sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang
mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini,
misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua
anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan
rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, dimana
bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat
pekerja. Secara etimologi, bisnis berarti keadaan dimana seseorang atau
sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
B. Tujuan Penulisan
Adapaun tujuan penulisan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
mengetahui teori inspirasi.
2.
Untuk
mengetahui peluang bisnis dalam kewirausahaan.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Teori Inspirasi
Inspirasi
adalah percikan ide-ide kreatif yang waktu dan tempatnya jarang anda kenali,
kecuali anda sudah melatih-diri dengan pembiasaan. Inspirasi adalah
akibat-hasil dari proses pengembangan diri. Inspirasi merupakan penemuan
momentum of “Aha”. Inspirasi dapat anda munculkan dengan ‘conditioning’.
Caranya? Temukan momen khusus yang menjadi kebiasaan untuk membuka dialog-diri,
misalnya tengah malam atau di kamar mandi, atau lain. Agendakan untuk bertemu
kenalan tanpa konsekuensi atau interest apapun selain silaturrohim.
B.
Peluang
Bisnis/Usaha
Masih banyak yang salah kaprah tentang
pengertian peluang bisnis/usaha, karena selama ini peluang bisnis/usaha
diartikan sebagai sebuah peluang usaha yang menjanjikan dan akan mendapatkan
keuntungan yang sebesar-besarnya, hal itu merupakan harapan untuk anda yang
menekuni bisnis.
Bahwa pengertian peluang bisnis/usaha itu,
esensinya adalah asas manfaat. Semua kondisi yang di tawarkan kepada anda,
adalah penawaran terhadap sebuah aktifitas bisnis yang pantas untuk anda geluti
dan tentu saja bisa memberikan keuntungan yang luar biasa kepada anda. Dengan
catatan, jika peluang usaha yg dimaksud benar-benar di manfaatkan dan di
kemas sedemikian rupa sehingga bisa memberikan manfaat yang di harapkan.
Lalu bagaimana jika hal itu berlaku sebaliknya.
Dengan menggunakan logika terbalik. Bahwa tidak semua peluang usaha yang anda
anggap tepat, benar-benar bisa klop dengan apa yang anda harapkan.
Karena perlu juga di garis bawahi, bahwa
pengertian peluang usaha adalah sebuah ruang kreasi yg independent dan mandiri.
Dan bukanlah sebuah kegiatan yang ikut-ikutan demi mengikuti sebuah trend dan
gaya hidup semata.
contohnya ada teman anda yg berbisnis XX anda
ikutan juga bisnis XX. karena menurut teman anda, bisnis XX adalah Peluang
Usaha! Bisnis ini sangat menjanjikan dan prospektif. Padahal belum tentu bisnis
XX cocok dengan anda.
1.
Pengertian
Peluang Bisnis/Usaha
Peluang
bisnis/usaha ialah kesempatan/waktu yang tepat yang seharusnya di
ambil/dimanfaatkan bagi seseorang wirausaha untuk mendapat keuntungan. Peluang
Bisnis/Usaha adalah kesempatan yang pasti bisa didapatkan seseorang atau lebih
dengan mengandalkan potensi diri yang ada dan dengan memanfaatkan berbagai
kesempatan baik itu peluang usaha apa saja, yang bisa dengan sigap kita ambil.
2.
Menangkap
Peluang Bisnis/Usaha
Untuk
menggali dan memanfaatkan peluang usaha atau bisnis,seorang wirausaha harus
berpikir secara positif dan kreatif, diantaranya :
·
Harus percaya dan yakin dengan usahanya
·
Menerima gagasan-gagasan baru
·
Berintropeksi diri
·
Bersifat terbuka
·
Etos kerja tinggi
·
Pandai berkomunikasi
Dengan
tersedianya informasi internal dan eksternal, maka wirausahawan dapat
mengetahui :
·
Peluang (opportunity)
·
Ancaman usaha (threat)
·
Kekuatan (strength)
·
Kelemahan (weakness)
3.
Resiko
Bisnis/Usaha
Beberapa risiko bisnis/usaha yang mungkin
terjadi, sebagai berikut :
·
Perubahan permintaan
·
Perubahan konjugtur
·
Persaingan
·
Akibat lain, seperti perubahan
teknologi,peraturan,bencana dll.
C.
Faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan Bisnis/Usaha
1.
Faktor
keberhasilan usaha
Faktor-faktor
tentang keberhasilan dalam usaha, antara lain :
·
Perencanaan yang tepat dan matang
·
Visi,misi dan dedikasi yang tinggi
·
Komitmen dan dana
·
SDM handal dan teknologi tinggi
·
Kebutuhan konsumen yang terpuaskan
·
Sarana dan prasarana dan sebagainya
Faktor-faktor pendukung keberhasilan perusahan,
sebagai berikut :
·
Faktor manusia
·
Faktor keuangan
·
Faktor organisasi
·
Faktor perencanaan
·
Faktor mengatur usaha
·
Faktor pemasaran
·
Faktor administrasi
·
Faktor fasilitas pemerintah
2.
Faktor
kegagalan usaha
a.
Mengidentifikasi kegagalan usaha
kegagalan bisnis/usaha
dapat diidentifikasi, sebagai berikut :
·
Kebiasaan menunda waktu
·
Ketekunan dan ketakwaan yang kurang
·
Kepribadian yang negative
·
Kebiasaan yang boros
·
Kebiasaan hati-hati yang berlebihan
b.
Faktor kegagalan usaha
Beberapa faktor
yang menyebabkan kemungkinan kegagalan dalam pencapaian tujuan usaha.
·
Kepribadian yang bersifat negative
·
Perasaan takut disaingi orang lain
·
Berlagak pintar
Berbagai kelemahan di dalam usaha atau bisnis
antara lain :
·
Tidak mempunyai perencanaan usaha
·
Tidak memiliki pendidikan yang relevan
·
Tidak berorientasi ke depan
·
Jarang mengadakan inovasi
·
Tanpa pembukuan yang teratur
·
Tidak mengadakan analisis pasar
·
Cepat puas diri
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kesimpulan
dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1.
Inspirasi
adalah percikan ide-ide kreatif yang waktu dan tempatnya jarang anda kenali,
kecuali anda sudah melatih-diri dengan pembiasaan. Inspirasi adalah
akibat-hasil dari proses pengembangan diri.
2.
Peluang bisnis/usaha ialah kesempatan/waktu
yang tepat yang seharusnya di ambil/dimanfaatkan bagi seseorang wirausaha untuk
mendapat keuntungan.
B.
Saran
Saran kami dalam makalah ini agar
pembaca dapat terinspirasi untuk melakukan suatu peluang bisnis/usaha demi
kelangsungan hidup.
Jurusan apa di UIN kak?
BalasHapusJurusan apa di UIN kak?
BalasHapusizin dikutip untuk bahan kuliah
BalasHapus